Li-fi pengganti wi-fi, Teknologi wireless terbaru berbasis cahaya





  Anda pasti sudah membayangkan teknologi Li-fi ini kan menjadi sesuatu yang sangat cepat. Teknologi Li-fi atau light-fidetily akan mentransferkan data secara nirkabel atau tanpa kabel yang menggunakan dioda dengan cara kerja memancarkan cahaya .kecepatan data yang di transferkan teknologi Li-fi ini di yakinkan akan lebih cepat dari pedahulu teknologi wirelesslainya, seperti wi-fi, Bluetooth dan lainya.

 Teknologi wireless terbaru ini berbeda dengan teknologi lainya, yaitu dengan menggunakan cahaya lampu seperti cahaya lampu bohlam, anda dapat meletakan cahaya lampu di dalam mobil anda, di kamar anda ataupun di tempat kesukaan anda lainya, jadi anda tinggal duduk di bawah pancaran cahaya lampu tersebut dan dapat berselancar di dunia maya dengan kecepatan yang sangat tinggi.

 Teknologi ini di tunjukan pertama kalinya di Consumer Electronics di Las vegas pada tahun 2012 dengan menggunakan sepasang smartphone Casio untuk pertukaran data dengan menggunakan cahaya dari berbagai intensitas yang dilepaskan dari layar mereka, yang mampu terdeteksi hingga jarak 10 meter.

baca: 7 Cara mengenali orang dengan cara jalannya

   Cara kerja teknologi Li-fi
 Cara kerja dan fungsi dari teknologi terbarukan ini sangatlah sederhana. Anda hanya diharuskan memiliki sumber cahaya di salah satu ujung seperti LED, dan juga sumbercahaya lan seprti detektor foto (light sensor) di ujung lainya sebagai penerimanya. Begitu cahaya LED mulai bersinar detektor foto atau light sensor akan mendeteksi cahaya dan di artikan sebagai biner 1 .

   keuntungan dari teknologi Li-fi
 Keuntungan dari teknologi Li-fi ini adalah kemudahan akses internet dengan kecepatan tinggi di daerah-daerah yang sangat terpencil yang tidak bisa di jangkau oleh kabel optik. Anda pastinya sering atau pernah merasa kesulitan saat mengatur posisi rute agar dapat dijangkau oleh semua ruangan di rumah anda dengan baik kan. Nah hal tersebut tidak akan terjadi lagi pada teknologi terbaru Li-fi ini.

 Bayangkan saja jika semua lampu di rumah anda dapat berkomunikasi satu sama lain dan akan menciptakan sebuah jembatan nirkabel untuk menyediakan aksen internet ? hal tersebut pasti akan menggeser kedudukan wi-fi oleh Li-fi tentunya .Teknologi Li-fi juga dapat digunakan untuk memperluas jaringan nirkabel di rumah, kantor ataupun juga universitas

 Teknologi Li-fi juga dapat di gunakan untuk mengontrol kondisi lalu lintas dengan menempatkan teknologi baru ini ke LED mobil. Hal ini juga dapat dengan lampu overhead pesawat.
Tag : Pengetahuan
4 Komentar untuk "Li-fi pengganti wi-fi, Teknologi wireless terbaru berbasis cahaya"

Oh jadi ini yah jaringan yang konon cepet banget...
kata temen gua, apakah udah ada yang pasang di Indonesia?

Kayaknya di indonesoa mah belum ada

Back To Top